Pembelajaran dengan Bantuan IT

Optimalisasi Teknologi Pendidikan Ciptakan Pengalaman Belajar Menyenangkan Berpusat Pada Siswa 14 September 2024 Moderator: Ibu Salsabila Pemateri: Bapak Febri
Peran guru dalam mengoptimalkan Teknologi Pendidikan: Pemilihan Teknologi Integrasi Teknologi Pemantauan dan Evaluasi Tujuan Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: ​Keterlibatan Siswa ​Interaktivitas ​Personalisasi ​Aksesibilitas Pemanfaatan Teknologi untuk Menciptakan Pengalaman Belajar Menyenangkan (banyak di YouTube dll) ​Permainan edukasi ​Teka teki dan Tantangan ​Simulasi ​Video Edukasi Alat bantu Teknologi yang dapat digunakan: ​Game edukasi: quizizz, wordwall, kahoot, bamboozle, ... ​Media Ajar: Merdeka Mengajar, Puzzlemaker, Liveworksheets, YouTube, gamma AI, Sideshare ​E-learning: gogle classroom, moodle, Edmodo. ​Website Penunjang: Gemini AI, Chat GPT, Brainly, Khan academy Karakter Pembelajaran Berpusat pada Siswa: ​Siswa aktif (terlibat dalam aktivitas belajar yang menantang dan menarik) ​Pembelajaran Bermakna (dikaitkan dengan pengalaman dan kebutuhan siswa) ​Kolaborasi (belajar bersama dalam kelompok untuk saling membantu dan berbagi ide) ​Kemampuan Tinggi (berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah) Strategi Implementasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa: ​Pemilihan Materi Relevan ​AKtivitas Interaktif ​KOlaburasi dan Diskusi ​Pemberian Umpan Balik Memahami Kebutuhan dan Minat Siswa (melakukan observasi, wawancara, dan tes untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya setiap siswa): Kemampuan Akademik ​Minat dan Bakat ​Kebutuhan Khusus ​Gaya Belajar Menghargai Keberagaman dan Gaya Belajar Siswa: Gaya belajar visual (gambar dll) ​Gaya belajar auditori (musik dll, diskusi) ​Gaya belajar kinestetik (gerakan dan aktivitas fisik) ​Gaya belajar verbal (membaca, menulis, dan berbicara) Menggunakan Metode Pengajaran yang Berpusat pada Siswa: Pembelajaran Berdiferensi Pembelajaran kolaboratif Pembelajaran Berbasis Masalah Menciptakan Lingkungan Belajar yang Interaktif: ​Desain ruang kelas ​Bahan Ajar Interaktif ​Kegiatan Praktis Menerapkan Penilaian yang Mendukung Pertumbuhan Siswa: Penilaian Formatif (selama Penilaian Sumatif Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif: Umpan Balik Bersifat Konstruktif ​Umpan Balik yang Spesifik ​Umpan Balik yang Tepat Waktu Tantangan dan Kendala Pengoptimalan Teknologi Pendidikan: Kesenangan Digital Keterampilan Digital Dukungan Infrastruktur Sumber Daya Kesimpulan dan Rekomendasi: ​Pelatihan Guru ​Kesenjangan Digital ​Inovasi ​Kolaburari Olah Iman Nurahman Sabtu 14 September 2024 20:52

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Rojaban di Mesjid Al-Arif

Materi Peringatan Isra Mi'raj 27 Rajab 1445 8 Februari 2024

Kegiatan Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka di Cikidang