Pembelajaran dengan Bantuan IT
Optimalisasi Teknologi Pendidikan Ciptakan Pengalaman Belajar Menyenangkan Berpusat Pada Siswa
14 September 2024
Moderator: Ibu Salsabila
Pemateri: Bapak Febri
Peran guru dalam mengoptimalkan Teknologi Pendidikan:
Pemilihan Teknologi
Integrasi Teknologi
Pemantauan dan Evaluasi
Tujuan Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran:
Keterlibatan Siswa
Interaktivitas
Personalisasi
Aksesibilitas
Pemanfaatan Teknologi untuk Menciptakan Pengalaman Belajar Menyenangkan (banyak di YouTube dll)
Permainan edukasi
Teka teki dan Tantangan
Simulasi
Video Edukasi
Alat bantu Teknologi yang dapat digunakan:
Game edukasi: quizizz, wordwall, kahoot, bamboozle, ...
Media Ajar: Merdeka Mengajar, Puzzlemaker, Liveworksheets, YouTube, gamma AI, Sideshare
E-learning: gogle classroom, moodle, Edmodo.
Website Penunjang: Gemini AI, Chat GPT, Brainly, Khan academy
Karakter Pembelajaran Berpusat pada Siswa:
Siswa aktif (terlibat dalam aktivitas belajar yang menantang dan menarik)
Pembelajaran Bermakna (dikaitkan dengan pengalaman dan kebutuhan siswa)
Kolaborasi (belajar bersama dalam kelompok untuk saling membantu dan berbagi ide)
Kemampuan Tinggi (berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah)
Strategi Implementasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa:
Pemilihan Materi Relevan
AKtivitas Interaktif
KOlaburasi dan Diskusi
Pemberian Umpan Balik
Memahami Kebutuhan dan Minat Siswa (melakukan observasi, wawancara, dan tes untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya setiap siswa):
Kemampuan Akademik
Minat dan Bakat
Kebutuhan Khusus
Gaya Belajar
Menghargai Keberagaman dan Gaya Belajar Siswa:
Gaya belajar visual (gambar dll)
Gaya belajar auditori (musik dll, diskusi)
Gaya belajar kinestetik (gerakan dan aktivitas fisik)
Gaya belajar verbal (membaca, menulis, dan berbicara)
Menggunakan Metode Pengajaran yang Berpusat pada Siswa:
Pembelajaran Berdiferensi
Pembelajaran kolaboratif
Pembelajaran Berbasis Masalah
Menciptakan Lingkungan Belajar yang Interaktif:
Desain ruang kelas
Bahan Ajar Interaktif
Kegiatan Praktis
Menerapkan Penilaian yang Mendukung Pertumbuhan Siswa:
Penilaian Formatif (selama
Penilaian Sumatif
Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif:
Umpan Balik Bersifat Konstruktif
Umpan Balik yang Spesifik
Umpan Balik yang Tepat Waktu
Tantangan dan Kendala Pengoptimalan Teknologi Pendidikan:
Kesenangan Digital
Keterampilan Digital
Dukungan Infrastruktur
Sumber Daya
Kesimpulan dan Rekomendasi:
Pelatihan Guru
Kesenjangan Digital
Inovasi
Kolaburari
Olah Iman Nurahman
Sabtu 14 September 2024 20:52
Komentar
Posting Komentar