Pembelajaran dengan Bantuan IT
Optimalisasi Teknologi Pendidikan Ciptakan Pengalaman Belajar Menyenangkan Berpusat Pada Siswa
14 September 2024
Moderator: Ibu Salsabila
Pemateri: Bapak Febri
Peran guru dalam mengoptimalkan Teknologi Pendidikan:
Pemilihan Teknologi 
Integrasi Teknologi
Pemantauan dan Evaluasi 
Tujuan Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran:
Keterlibatan Siswa 
Interaktivitas
Personalisasi
Aksesibilitas 
Pemanfaatan Teknologi untuk Menciptakan Pengalaman Belajar Menyenangkan (banyak di YouTube dll)
Permainan edukasi
Teka teki dan Tantangan 
Simulasi
Video Edukasi 
Alat bantu Teknologi yang dapat digunakan:
Game edukasi: quizizz, wordwall, kahoot, bamboozle, ...
Media Ajar: Merdeka Mengajar, Puzzlemaker, Liveworksheets, YouTube, gamma AI, Sideshare
E-learning: gogle classroom, moodle, Edmodo.
Website Penunjang: Gemini AI, Chat GPT, Brainly, Khan academy
Karakter Pembelajaran Berpusat pada Siswa:
Siswa aktif (terlibat dalam aktivitas belajar yang menantang dan menarik)
Pembelajaran Bermakna (dikaitkan dengan pengalaman dan kebutuhan siswa)
Kolaborasi (belajar bersama dalam kelompok untuk saling membantu dan berbagi ide)
Kemampuan Tinggi (berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah)
Strategi Implementasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa:
Pemilihan Materi Relevan
AKtivitas Interaktif 
KOlaburasi dan Diskusi 
Pemberian Umpan Balik
Memahami Kebutuhan dan Minat Siswa (melakukan observasi, wawancara, dan tes untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya setiap siswa):
Kemampuan Akademik 
Minat dan Bakat
Kebutuhan Khusus 
Gaya Belajar 
Menghargai Keberagaman dan Gaya Belajar Siswa:
Gaya belajar visual (gambar dll)
Gaya belajar auditori (musik dll, diskusi)
Gaya belajar kinestetik (gerakan dan aktivitas fisik)
Gaya belajar verbal (membaca, menulis, dan berbicara)
Menggunakan Metode Pengajaran yang Berpusat pada Siswa:
Pembelajaran Berdiferensi 
Pembelajaran kolaboratif 
Pembelajaran Berbasis Masalah 
Menciptakan Lingkungan Belajar yang Interaktif:
Desain ruang kelas
Bahan Ajar Interaktif 
Kegiatan Praktis
Menerapkan Penilaian yang Mendukung Pertumbuhan Siswa:
Penilaian Formatif (selama 
Penilaian Sumatif
Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif:
Umpan Balik Bersifat Konstruktif 
Umpan Balik yang Spesifik
Umpan Balik yang Tepat Waktu 
Tantangan dan Kendala Pengoptimalan Teknologi Pendidikan:
Kesenangan Digital
Keterampilan Digital
Dukungan Infrastruktur 
Sumber Daya
Kesimpulan dan Rekomendasi:
Pelatihan Guru
Kesenjangan Digital 
Inovasi
Kolaburari
Olah Iman Nurahman 
Sabtu 14 September 2024 20:52

 
 
Komentar
Posting Komentar